Penambat rel adalah pengikat rel ke bantalan rel kereta api. Penambat rel ada dua jenis, yakni jenis penambat kaku
dan jenis penambat elastis. Jenis penambat kaku biasanya terdiri dari paku rel,
mur, baut, atau menggunakan tarpon (tirefond) yang dipasang menggunakan
pelat landas. Umumnya penambat kaku ini digunakan pada jalur kereta api tua,
baik yang masih aktif maupun tidak aktif. Karakteristik dari penambat kaku,
selalu dipasang pada bantalan kayu atau bantalan baja. Penambat kaku kini sudah
tidak layak digunakan untuk semua rel kereta api, khususnya dengan beban lalu
lintas yang tinggi. Jenis penambat elastis diciptakan untuk meredam getaran
dengan frekuensi tinggi pada rel yang diakibatkan oleh kereta api ketika
bergerak di atasnya
FUNGSI PENAMBAT REL
Fungsi
penambat rel adalah untuk mengikat rel ke bantalan kereta api sehingga kedudukan
rel menjadi kokoh dan kuat. Kedudukan rel dapat bergeser diakibatkan oleh
pergerakan dinamis roda yang bergerak di atas rel.
JENIS PENAMBAT REL
-
Penambat Elastis
Sistem penambat elastis, merupakan salah satu komponen utama
yang ikut memengaruhi kualitas struktur jalan rel, terbuat dari bahan baja yang
elastis, sehingga memungkinkan untuk mengabsorbsi getaran yang terjadi pada
saat kereta lewat di atasnya ataupun mengakomodasi pemuaian rel akibat
perbedaan suhu rel.
-
Penambat E
Disebut juga sebagai e clip karena bentuknya seperti huruf e
kecil dan berbentuk seperti klip kertas sehingga disebut sebagai klip.
Digunakan di Indonesia sejak penggunaan bantalan rel beton. Merupakan penambat
yang pertama sekali dikembangkan oleh Pandrol sehingga disebut juga sebagai
Pandroll Clip. Salah satu kelemahan dari sistem ini mudah untuk dicuri, cukup
dengan menggunakan palusudah bisa mencabut klip
ini, untuk menghindari permasalahan ini dipasang suatu anti vandalisme.
Beberapa keunggulan dari Penambat e
·
Komponen sedikit dan sederhana
·
Elastis sehingga tetap mencengkeram rail walaupun
bergetar
·
Tahan lama
·
Tingkat keselamatan dan keamanan tinggi
·
Dapat dilengkapi dengan mekanisme anti vandal, untuk
menghindari pencurian ataupun pencopotan oleh orang-orang yang tidak
bertanggung jawab
·
Dapat dengan mudah diterapkan di segala bentuk
bantalan
·
Bebas perawatan
·
Penggunaan mudah seperti pada waktu pergantian rel
-
Penambat Type F
Penambat rel Tipe F bila dilihat sekilas tampak sederhana dan
bentuknya mirip dengan Penambat Clip, namun komponen penambatnya relatif banyak
sehingga membutuhkan ketelitian dalam pemasangan dan pemeliharaan. Kuat jepit
yang dihasilkan dapat mencapai 500 kgf, dan penambat ini dianggap tidak cepat
longgar karena mampu meredam getaran. Penambat ini banyak digunakan di Jepang.
-
KA klip
Dikembangkan oleh PT Kereta Api Indonesia, yang mudah
dipasang ataupun dibongkar dengan alat yang diciptakan khusus untuk itu.
Penambat ini merupakan pengembangan dari F Type dan dibuat oleh PT Pindad
Beberapa Keunggulan
KA Klip:
·
Komponen sedikit dan sederhana
·
Pemasangan mudah
·
Efektif untuk penggunaan kembali bila penggantian rel
·
Hampir tidak membutuhkan perawatan
·
Gaya jepit 750 sampai dengan 1300 Kgf (sesuai dengan
standart : SNI 11-3677-1995)
·
Dapat mereda getaran karena Clip elastis
·
Dapat menahan beban longitudinal and lateral
·
Dapat menahan beban dari axle load
·
Mengunci sendiri (anti vandal)
·
Dapat digunakan pada track lurus, lengkung,
persilangan maupun sambungan
·
Dapat digunakan pada bermacam-macam type rel
·
Dilengkapi dengan insulator listrik untuk melindungi
system sinyal & pelacakan.
·
Dapat digunakan untuk upgrading rel tanpa mengganti
bantalan
-
Penambat Kupu-Kupu
Merupakan penambat yang disebut juga sebagai fastclip,
merupakan perkembangan dari e clip berbentuk seperti kupu-kupu yang waktu
pemasangan cepat, mudah dirawat, dan harga murah. Penambat seperti ini belum
digunakan di Indonesia.
-
DE clip
Merupakan penambat elastis yang dikembangkan di Belanda dan
di Indonesia dibuat juga oleh PT Pindad dan digunakan secara luas pada jaringan
jalan kereta api, khususnya diwilayah pulau Jawa. Beberapa keunggulan dari DE
Clip
·
Koponen sedikit dan sederhana
·
Mudah saat pemasangan dan penggantian di track/lintas
·
Sangat handal dapat digunakan kembali pada penggantian
Rel
·
Hampir tidak membutuhkan perawatan
·
Gaya jepit antara 750 ? 1300 Kgf (sesuai SNI
11-3677-1995)
·
Mudah dipasang pada berbagai jenis bantalan dan ukuran
rel
·
Dapat digunakan untuk upgrading rel tanpa mengganti
bantalan
·
Tidak mudah dirusak dan tidak memerlukan perawatan
khusus
·
Dapat digunakan pada track lurus, lengkung,
persilangan maupun sambungan
·
Dilengkapi dengan insulator listrik untuk melindungi
system sinyal & pelacakan
·
Ketahanan tinggi
·
Resistensi dari ballast section memberikan stabilitas
penuh terhadap rel
·
Mampu mengunci sendiri
-
Penambat Paku Ulir
Merupakan penambat yang digunakan pada bantalan kayu, yang
berupa paku ulir yang disekrup di atas pelat baja kedalam bantalan kayu
sehingga mengikat rel ke bantalan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar