Minggu, 26 Juni 2016

Fungsi MTT

Fungsinya MTT itu buat memadatkan batu-batu yang ada di bawah bantalan.. Nama lain batu

batu yang ada dibawah bantalan itu ballast ato kalo orang-orang kita nyebutnya kricak..

Analoginya gini, ada jalan setapak yang asalnya itu tanah keras, tapi tiap hari dilewatin beban kan entar lama-lama struktur tanah yang padet itu malah jadi turun ato mungkin amblas.. Naah rel kereta api juga sama, tiap hari dilewatin ratusan ato mungkin ribuan ton lama-lama juga kan jadi turun, peran MTT ini berfungsi buat "ndongkrak" rel yang konturnya gak sesuai terutama di tikungan.. Kalo semisalnya di tikungan relnya sesuai sama kemiringan yang sudah ditentukan kan bahaya juga buat keretanya... Selain memadatkan, MTT juga bisa melistring (Meluruskan/Menggeser) rel yang agak goal-geol.

Description: Kereta - Kereta Sarana Teknik
Bentuk fisiknya beda dengan Lokomotif, kalo disamain kurang tepat juga, soalnya dari segi

fungsi juga udah jelas beda.. Lokomotif itu fungsinya buat menarik rangkaian kereta api baikbarang ato penumpang, kalo MTT itu fungsi utamanya melakukan perawatan jalan rel meskipun dua-duanya sama-sama bisa bergerak individual alias tanpa ditarik sama lokomotif lagi.
Description: Kereta - Kereta Sarana Teknik
Prinsip kerja MTT 

itu bisa dibilang mirip-mirip alias 11:12 sama mesin press.. Tapi kalo MTT itu mengepress ato memadatkan batu ballast.. Jadi nanti batu ballast yang ada dibawah bantalan itu akan  dipadatkan sama salah satu bagian MTT, nama teknisnya disebut tamping unit.. Bahasa lainnya memadatkan ballast itu kata orang-orang sini mah mecok.. Kedalaman pemecokan bisa diatur lewat kabin pengontrol, satuannya pakai milimeter (mm) biar lebih presisi.. Selaen dipecok, rel yang ada juga bakal dilifting atau diangkat, gunanya biar bantalan yang ada dibawah rel tersebut bisa dipadatkan batu ballastnya.. Kurang lebih seperti itu.

Plasser & Theurer Indonesia

MTT 08 - 32 UDescription: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg6N6-ITbBgXn7qiqSllFe1_BJ6AVNIHMPEe_OlovAJ068wdCKis5CI8U-7EiYizLWB98XcObn7RCttlH-tQn68JxeBTZivtr3oBttrTRUDHXkQj71Z3Kp8bZJddxpRqAXFRRDSp8jFwTs/s1600/Plasser+&+Theurer+09-16+CAT.jpg Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEisgEf8R0VWyH3lko1VIZ-Vc3IDcPuInUgp9Yak4_xEK2A8Xkhnb0QNf9OHukciuaRVUtzQD2k7EthlLDrJvMQpYjqywoU8E1Vuen_Xz07cAJpcj5O7h00RbgRSNDrOAQtKUnNqaW0Kla4/s1600/Plasser+&+Theurer+MTT+09-16+CAT.jpg DATA TEKNIS MTT 08 - 32 U
- Jumlah mesin : 2 bauh - Tipe mesin : KHD BF12L 413F - Keluaran : 1990 - Daya : 240 KW 12 cylinder 2300 rpm - Kapasitas : 600 - 700 meter / jam - Panjang : 31 m - Berat : 64 ton - v maks : 80 km / jam - Jumlah pecok : 24 buah
FUNGSI :
Mengatur geometri jalan rel dengan pemecokan balast kricak di bawah bantalan yang sudah termasuk melestreng ( menggeser ) lifting ( mengangkat )
PERANGKAT KHUSUS :
- Di lengkapi dengan kamera cctv yang di gunakan untuk mengawasi jalannya operasi mesin - lori wagon , lori ini berfungsi sebagai optical monitoring kondisi rel sebelum di lakukannya pemecokan dan sesudah pemecokan - Genset power - Dongkrak HY statis - double pecok , berisi 24 buah pecok di mana sekali pecok dapat mengerjakan 2 buah bantalan sekaligus
TENTANG MESIN :
Mesin ini merupakan mesin eks jepang yang di datangkan ke indonesia tahun 1995 dengan jumlah 2 buah dan di operasikan di daop 111 cirebon dan Daop V purwokerto, dapat berjalan sendiri tanpa di tarik lokomotif dengan kecepatan teknis 60 km / jam namun di lapangan dapat berjalan dengan kecepatan 80 km / jam. Dengan di berlakukan sisten kerja terpadu 2 mesin janis ini di tem patkan di zona 1 ( jakarta,bandung,cirebin ) dan zona 2 ( semarang,purwoker to,yogyakarta )  MTT 09 - 16 CATDescription: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiT7uBw9p67Kjp8ZbLtfFS8aXe7amrM8AIWGCou8bULQo0C3BgO0jzn1qAO5Fipp666wAkFTDL9oK3eeV2xU5JrAo-1n4vuWxLGdgynmvrjYxdf8VEIxoEEt2p6v_A24KW8PPpzlIVXT74/s640/MTT+08-32+U.jpg DATA TEKNIS MTT 09 - 16 CAT :
Jumlah mesin : 4 unit Pembuatan : Austria 1995 Daya : 256 PK Panjang : 16,24 meter Tinggi : 3,3 meter Lebar : 2,95 meter Berat : 34 Ton Kapasitas Tangki : 700 liter V maks : 80 km / jam type penggerak : MD FBL413F Dimensi Roda : 0,73 meter Beban Poros : 17 Ton Baterai : 24 volt ( 12 volt 2 buah ) Putaran : 2500 Rpm Tangki Hydrolik : 960 liter
FUNGSI :
Merawat dan memperbaiki geometri jalan rel yang meliputi mangangkat, melestreng ( menggeser ) ,menimbang, memadatkan balast di bawah bantalan
TENTANG MESIN:
MTT jenis ini di dtangkan dari austria ke indonesia sebanyak 4 buah dan di operasikan di Daop I , III , V , VI . Mesin bertipe CAT (Countinous Automatic Tamping ) di mana terdapat bagian yang bergerak sendiri yang di sebut SATELIT ( Bagian yang bergerak itu tiada laen adalah bagian pecok itu sendiri ) Dengan berbobot 34 Ton mesin ini dapat bergerak sendiri dan mampu berjalan 80 km / jam. terdapan dua buah kabin operasi ( kabin 1 dan kabin 2 ) di mana dua kabin itu mempunyai fungsi yang berbeda , kabin 1 lebih di fungsikan untuk pengaturan pengangkatan, pelestrengan yang di laukan secara manual maupun komputer. Di dalamnya terdapat pendulum manual dan digital tecno yang dapat menunjukkan geografi jalan rel yang akan di kerjakan, kabin 2 di fungsikan untuk pengoperasian mekanik mesin ( memecok ) , serta terdapat pendulum-pendulum elektrik maupun digital penunjuk hasil pemecokan.
KELENGKAPAN POKOK :
- Seperangkat komputer perencanaan kerja - 4 buah roda troli - 2 buah roda jalan - 16 buah pecok - mikrofon yang menghubungkan kabin 1 dan 2 - Sensor - sensor Elektrik - Pendulum manual dan digital - valve - valve perpindahan gigi.
KEKURANGAN :
Seringnya terjadi kerusakan di bagian elektrikMTT 07 - 16 GDescription: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrvwMDuiZz3N5ykvEFBm7afYOO2KcPrCi04EJ4Mi5By2IpMIShU4ct49vv3HU7KwPLiBCtJamvatalnEnHeRwEwNcxIAAec1XJWtsZZ7btujIfmvXgjelhyle-WXT0hKIazYrVUqIptbU/s1600/MTT+07-16+GS.jpg DATA TEKNIS MTT 07 - 16 G :
Jumlah mesin : 6 unit Pembuatan : Austria 1984 Daya : 167 PK Panjang : 14 meter Tinggi : 2,68 meter Lebar : 3,3 meter Berat : 24 Ton Kapasitas Tangki : 800 liter V maks : 60 km / jam type penggerak : F6L413F Baterai : 24 volt ( 12 volt 2 buah ) Tangki Hydrolik : 800 liter
FUNGSI :
Merawat dan memperbaiki geometri jalan rel yang meliputi mangangkat, melestreng ( menggeser ) ,menimbang, memadatkan balast di bawah bantalan
TENTANG MESIN:
MTT jenis ini di didatangkan dari austria ke indonesia sebanyak 4 buah dan di operasikan di Daop III, V, VI, VIII,  Divre I dan III. MTT ini hanya berdaya mesin 167 PK 6 silinder. MTT ini memiliki dua kabin tetapi hanya satu yang dilayani. Komponen engine MTT 07-16 G ini sama seprti MTT lain hanya pompa hidroliknya saja menggunakan fun pump (radial pump) sehingga tekanan dalam sistem hidrolik yang dihasilkan hanya 160 bar. Perbedaan lainnya MTT menggunakan kontrol meja semi mekanis sedangkan transmisi jalannya menggunakan transmisi gear seperti mobil. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar